Selasa, 30 November 2010

Urang Aring, Rumput Liar Yang Bermanfaat

Dieng Wonosobo, 02-10-2010. Urang aring adalah sejenis tanaman yang dapat hidup di daerah mulai dari tepi pantai sampai ketinggian 1.500 m eter diatas permukaan laut, urang aring banyak dijumpai di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo atau berbagai daerah lainya. Biasanya urang aring tumbuh di pematang lahan pertanian atau tumbuh di tempat terbuka.

Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau dengan bentuk bulat telur memanjang, ujung daun meruncing, pinggir bergerigi halus atau hampir rata. Kedua permukaan daun berambut, terasa agak kasar. Bunga majemuk berbentuk bongkol warna putih kecil-kecil. Buahnya memanjang, pipih, keras dan berbulu dalam bahasa latin sering disebut (Eclipta alba (L.)Hassk).

Sampai dengan sekarang masyarakat Dieng, Wonosobo memanfaatkan urang aring sebagai bahan makanan yang kaya akan kandungan gizi, pengolahanya dengan cara merebus tanpa bumbu.

Tanpa disadari urang aring merupakan Rumput Liar Yang Bermanfaat salah satunya Urang aring terkenal sebagai herba yang digunakan untuk perawatan kecantikan rambut, yaitu dengan memanfaatkan daunnya Bahkan urang aring dapat menghentikan pendarahan, batuk darah (hemoptoe), mimisan (epistaxis), kencingdarah (hematuria), berak darah (melena),dan perdarahan rahim (uterine bleeding).

Banyak masyarakat yang mengetahui manfaat urang aring, namun sayangnya urang aring belum dibudidayakan secara optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar